TEKNIK PENULISAN RESUME
Judul :
TEKNIK PENULISAN RESUME
Penyusun :
Helem Parman, S.Pd
Resume ke : 3
Gelombang : 33
Hari/tanggal :
Senin, 11 Agustus 2025
Tema :
Teknik Penulisan Resume
Narasumber :
Raliyanti, S.Sos, S.Kom, M.Pd
Moderator :
Mutaminah, M.Pd
TEKNIK PENULISAN RESUME
Membuat resume itu seperti memasak hidangan istimewa. Kita
harus memilih bahan-bahan yang tepat. Mencampur dengan proporsi yang pas. Dan
menyajikannya dengan menarik, agar orang lain ingin mencicipi serta menikmati
kelezatannya.
Sudah tahukah kamu apa itu resume? Resume artinya” uraian
singkat/ringkasan”. Resume merupakan uraian singkat dari isi materi.
Menyederhanakan tulisan yang panjang menjadi pendek. Sehingga tulisan itu
menjadi singkat,padat dan jelas.
Lalu kalau membuat resume pelatihan itu apa? Membuat resume pelatihan adalah mencatat kembali inti sari materi yang telah disampaikan oleh pemateri. Mengubah tulisan yang paragrafnya panjang menjadi paragraf pendek. Adapun tujuan membuat resume itu sendiri adalah untuk merampingkan isi materi menjadi singkat,padat, jelas, lengkap, dan rinci tapi tidak menghilangkan bagian hal yang krusial agar mudah dikenang dan dimengerti.
Berikut teknik menulis Resume dengan benar :
1.
1. Telaah dan catat materi yang disampaikan oleh
narasumber
2.
2. Ubah atau modifikasi materi yang telah diterima
3. 3. Jangan lakukan copy paste seluruh isi materi
4.
4. Perluas materi yang didapat dari narasumber
5.
5. Buatlah resume dengan paragraf yang
pendek-pendek
6.
6. Jauhkan resume dengan paragraf yang
panjang-panjang
7.
7. Tulislah resume dengan gaya Bahasa sendiri agar
tulisan menarik dan memilki seni
8. Buat kesimpulan atau kalimat penutup diakhir penjabaran
Selanjutnya strategi supaya cepat membuat resume di blog yaitu :
1.
1. Siap dan sudah hadir 15 menit sebelum kelas belajar dimulai
2.
2. Buatlah terlebih dahulu narasi pembuka yang
related to materi dan narasi penutup (kesimpulan)
3.
3. Buat resume dengan paragraf pendek-pendek,
singkirkan paragraf yang panjang-panjang
4.
4. Sebaiknya gunakan 2 perangkat yaitu HP dan laptop. Untuk mendukung
kecepatan pengumpulan link. Berusaha untuk mendapatkan posisi pertama setiap pengumpulan
link
5. 5. Jika ada kutipan baiknya sisipkan dengan
mencantukan sumbernya
6.
6. Jauhkan dari plagiarisme.
Setelah mengetahui teknik membuat resume yang benar
dan strategi membuat yang cepat , lalu apa lagi yang harus kita lakukan?
Langkah selanjutnya yang dilakukan adalah
menjadikan resume menjadi sebuah buku. Bagaimana carannya? Berikut ini
penjelasannya.
Cara membuat Resume menjadi sebuah buku yaitu :
1. 1. Buaatlah daftar isi atau TOC
2.
2. Pilih resume yang terbaik yang akan dijadikan
buku
3.
3. alu pindahkan resume ke ms words
4.
4. Atur atau rapikan
5. Kemudian cari penerbit
Dari papran materi yang disampaikan oleh bu Raliyanti , S.Sos banyak ilmu dan
pengalaman yang kami dapatkan. Kami paham
bahwa membuat resume yang benar itu mudah, kalau kita tahu teknik dan strateginya.
Semoga ilmu yang telah diberikan menjadi Amal Jariyah. Aamiin
Sebelum pertemuan
kelas ditutup bu Rali memberikan Closing statmen :
“ Dan untukmu yang
baru saja akan mulai menulis, selalu ingat ini: menulis adalah terapi. Dan kita
tidak perlu melakukannya agar terlihat keren dihadapan orang lain, atau
berekspektasi punya buku yang diterbitkan penerbit besar” Fiersa Besari .
Penulis dan pemusik dari Indonesia.
Sumber : catatan Juang 198
Salam Literasi
Helem Parman, S.Pd
Peserta KBMN PGRI Gelombang 33
Komentar