TEKNIK PENULISAN RESUME

 

Judul                     : TEKNIK PENULISAN RESUME

Penyusun            : Helem Parman, S.Pd

Resume ke          : 3

Gelombang        : 33

Hari/tanggal       : Senin, 11 Agustus 2025

Tema                  : Teknik Penulisan Resume

Narasumber       : Raliyanti, S.Sos, S.Kom, M.Pd

Moderator          : Mutaminah, M.Pd

 

TEKNIK PENULISAN RESUME

Membuat resume itu seperti memasak hidangan istimewa. Kita harus memilih bahan-bahan yang tepat. Mencampur dengan proporsi yang pas. Dan menyajikannya dengan menarik, agar orang lain ingin mencicipi serta menikmati kelezatannya.

Sudah tahukah kamu apa itu resume? Resume artinya” uraian singkat/ringkasan”. Resume merupakan uraian singkat dari isi materi. Menyederhanakan tulisan yang panjang menjadi pendek. Sehingga tulisan itu menjadi singkat,padat dan jelas.

Lalu kalau membuat resume pelatihan itu apa? Membuat resume pelatihan adalah mencatat kembali inti sari materi yang telah disampaikan oleh pemateri. Mengubah tulisan yang paragrafnya panjang menjadi paragraf pendek. Adapun tujuan membuat resume itu sendiri adalah untuk merampingkan isi materi menjadi singkat,padat, jelas, lengkap, dan rinci tapi tidak menghilangkan bagian hal yang krusial   agar mudah dikenang dan dimengerti.

Berikut teknik menulis Resume dengan benar :

1.       1. Telaah dan catat materi yang disampaikan oleh narasumber

2.       2. Ubah atau modifikasi materi yang telah diterima

3.       3. Jangan lakukan copy paste seluruh isi materi

4.       4. Perluas materi yang didapat dari narasumber

5.       5. Buatlah resume dengan paragraf yang pendek-pendek

6.       6. Jauhkan resume dengan paragraf yang panjang-panjang

7.       7. Tulislah resume dengan gaya Bahasa sendiri agar tulisan menarik dan memilki  seni

 8. Buat kesimpulan atau kalimat penutup diakhir penjabaran


Selanjutnya strategi supaya cepat  membuat resume di blog yaitu :

1.       1. Siap dan sudah hadir  15 menit sebelum kelas belajar dimulai

2.       2. Buatlah terlebih dahulu narasi pembuka yang related to materi dan narasi penutup (kesimpulan)

3.       3. Buat resume dengan paragraf pendek-pendek, singkirkan paragraf yang panjang-panjang

4.       4. Sebaiknya gunakan 2 perangkat  yaitu HP dan laptop. Untuk mendukung kecepatan pengumpulan link. Berusaha untuk mendapatkan posisi pertama setiap pengumpulan link

5.       5. Jika ada kutipan baiknya sisipkan dengan mencantukan sumbernya

6.       6. Jauhkan dari plagiarisme.

Setelah mengetahui teknik membuat resume yang benar dan strategi membuat yang cepat , lalu apa lagi yang harus kita lakukan? Langkah selanjutnya yang dilakukan adalah  menjadikan resume menjadi sebuah buku. Bagaimana carannya? Berikut ini penjelasannya.

Cara membuat Resume menjadi sebuah buku yaitu :

1.       1. Buaatlah daftar isi atau TOC

2.       2. Pilih resume yang terbaik yang akan dijadikan buku

3.       3. alu pindahkan resume ke ms words

4.       4. Atur atau rapikan

5. Kemudian cari penerbit


Dari papran materi yang disampaikan oleh  bu Raliyanti , S.Sos banyak ilmu dan pengalaman yang kami dapatkan. Kami paham  bahwa membuat resume yang benar itu mudah, kalau kita tahu teknik dan strateginya. Semoga ilmu yang telah diberikan menjadi Amal Jariyah. Aamiin

Sebelum  pertemuan kelas ditutup bu Rali memberikan Closing statmen :

 “ Dan untukmu yang baru saja akan mulai menulis, selalu ingat ini: menulis adalah terapi. Dan kita tidak perlu melakukannya agar terlihat keren dihadapan orang lain, atau berekspektasi punya buku yang diterbitkan penerbit besar” Fiersa Besari . Penulis dan pemusik dari Indonesia. 

Sumber : catatan Juang 198

 

Salam Literasi

Helem Parman, S.Pd

Peserta KBMN PGRI Gelombang 33






 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENULIS SETIAP HARI DENGAN KECERDASAN BUATAN

PDHI Cabang Bengkulu Sosialisasi KIE Rabies di SMPN 01 Bengkulu Tengah

MENULIS DONGENG DAN CERITA FABEL